PERUBAHAN KE ARAH YANG LEBIH BAIK

Menjadi entrepreneur itu bukan sekadar ikut-ikutan. Entrepreneur itu tumbuh dengan kesadaran dan pola pikir untuk memberikan kontribusi pada sesama manusia dan lingkungan di sekitar kita. Bagi T.P. Rachmat, esensi dari jiwa entrepreneur itu adalah mindset untuk creating difference, menghadirkan perbedaan. Berikut ini gagasan-gagasan T.P. Rachmat dalam menghadirkan mindset creating difference dalam diri kita.


Hadirkanlah Perbedaan

Mindset yang juga harus dibangun adalah creating difference, menghadirkan perbedaan. Kita hidup dan menjalankan bisnis, tidak hanya untuk kesuksesan dan kepentingan diri sendiri, namun juga harus mendorong keberhasilan dan kesejahteraan banyak orang.

Jauhi egoisme individual, berjuang untuk kepentingan lebih besar baik untuk organisasi, masyarakat, bangsa dan kepentingan nilai-nilai kemanusiaan yang lebih luas.

Untuk dapat menghadirkan perbedaan, belajar dan bekerja keras lah semaksimal mungkin. Saya mengilustrasikannya seperti lari maraton. Terus berlari, berlari dan berlari tiada henti. Karena finish-nya adalah saat Tuhan memanggil kita. Belajar, kerja keras, tekun dan bersabarlah dalam proses. Karena semua proses itu, ketika dilakukan dengan nilai-nilai yang benar, adalah sebuah bentuk ibadah kita kepada-Nya.

Ketahuilah, talenta saja tidak cukup. Bahkan dari apa yang saya alami, orang yang bertalenta dalam bidang tertentu, akan kalah oleh mereka yang maraton. Tentu saja, idealnya, gabungkanlah talenta dengan maraton.

Percayalah, hasil adalah buah dari proses. Karena itu, saya sangat menekankan pentingnya proses. Selama proses bisnis tertata dengan baik, maka hasilnya akan baik. Dalam proses itu pula, pelajarilah dengan seksama, di titik mana kesalahan, di titik peluang, kekuatan dan potensi kita. Ingatlah, hidup adalah proses belajar tiada henti. Jika pun kita keliru, jadikan sebagai proses pembelajaran untuk tidak mengulanginya lagi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Mengeluarkan Kapas Cotton Bud Yang Tertinggal Di Telinga