Selasa, 12 Februari 2013

TEMUKAN KEUNIKAN DIRI SENDIRI

Banyak orang mengetahui dan meyakini bahwa dirinya itu unik. Namun jika ditanya unik dalam hal apa? Banyak pula yang tidak tahu jawabannya. TP Rachmat sangat mementingkan keunikan untuk bisa menghadirkan perbedaan di dunia ini. Berikut ini pandangan-pandangan TP Rachmat dalam perjalanan untuk mencari keunikan diri.


Temukanlah Keunikan

Sahabatku, selagi muda, bencilah hari libur, cintailah pekerjaan dengan penuh gairah. Lihatlah semua tanggal, hitam semua. Bekerjalah dengan penuh semangat. Teruslah produktif, karena percayalah, disadari atau tidak, setiap produktivitas yang kita lakukan selalu mengandung kemanfaatan bagi alam dan saudara kita yang lainnya.

Setiap orang itu unik dan memiliki passion atas sesuatu yang mungkin berbeda. Karena itu, temukanlah passion Anda. Pilihlah pekerjaan sesuai dengan apa yang Anda sukai. Setelah itu, usahakanlah agar pekerjaan Anda itu dapat menghasilkan, memenuhi kebutuhan hidup.

Jika Anda bertanya kepada saya, bagaimana cara menemukan keunikan pada setiap diri, jawabannya hanya satu, teruslah belajar, pahami dan bekerja sesuai dengan passion Anda. Cepat atau lambat, Anda akan menemukan keunikan itu.

Karena dalam hidup, keunikan akan membuat kita berbeda dan dibutuhkan oleh banyak orang. Jika kita tidak berhasil membangun keunikan, kita bukan apa-apa. Temukanlah keunikan Anda dengan menguatkan karakter individu, menjaga semangat dan meningkatkan kecerdasan.

Untuk menjadikan Anda unik, peganglah nilai dasar yang tepat. Ada empat nilai dasar yang telah menuntun gerak langkah saya selama puluhan tahun di dunia bisnis yaitu ethical (sikap etis yang mendalam), excellent (dorongan keunggulan yang tepat), humble (kerendahan hati yang tulus) dan compassionate (bela-rasa yang melimpah kepada sesama).

Dengan berpegang kepada nilai dasar tersebut, reputasi kita akan baik. Reputasi adalah hasil alamiah dari praktik penerapan nilai dasar ethical, excellent, humble dan compassionate. Jadi, reputasi tidak perlu dicari, yang harus dilakukan adalah bertindaklah sesuai dengan nilai dasar tersebut, maka reputasi kita akan baik. Dalam kondisi tertentu, reputasi lah yang menjamin kepercayaan orang kepada bisnis Anda. Sekali Anda tidak dapat menjaga reputasi, hukumannya seumur hidup.

Untuk itu, bekerjalah untuk tujuan yang tinggi dan mulia. Jangan sekali-kali rendahkan reputasi dan kulitas diri untuk tujuan yang remeh temeh. Jadilah pribadi yang mulia dan agung dengan menemukan keunikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar